05 Desember 2007

Best Moment

Gathered as one, Think as many, Explore Statistics. Tema inilah yang diangkat dalam Statistika Ria 2007 yang diselenggarakan oleh Himpunan Keprofesian Gamma Sigma Beta, mahasiswa Statistika IPB. Acara yang menginjak tahun ketiga ini dilaksanakan pada tanggal 1-2 Desember 2007 dan diketuai oleh Saudara Trizar Rizqiawan. Beberapa kegiatan dalam acara yang berskala nasional kali ini adalah Seminar Nasional dengan tema Data Mining bertempat di Auditorium Rektorat IPB dan Lomba Statistika tingkat mahasiswa, Dialog Pasca Kampus, Training Pengembangan Diri, dan Lifetime Achievement Award bertempat di Auditorium Fakultas Peternakan IPB. Tujuan yang ingin dicapai dari diselenggarakannya acara ini adalah mengembangkan dan mengenalkan ilmu Statistika ke kalangan civitas akademika dan kalangan umum

Statistika Ria 2007 kali ini diikuti oleh berbagai universitas di Indonesia, diantaranya, Universitas Sriwijaya Palembang, Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Universitas Islam Bandung, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Gajayana Malang, Sekolah Tinggi Ilmu Statistika Jakarta, Universitas Pakuan Bogor, dan Institut Pertanian Bogor. Semua Peserta tersebut akan memperebutkan Piala Bergilir Andi Hakim Nasution, Piala Rektor, Piala Ikatan Statistikawan Indonesia (ISI), dan Piala Kepala Departemen Statistika IPB. Jumlah peserta Seminar yang mencapai 144 orang dan 42 mahasiswa yang mengikuti Lomba Statistika merupakan prestasi yang membanggakan karena ada peningkatan yang sangat signifikan bila dibandingkan tahun kemarin.

Seminar Nasional dengan tema Data Mining diisi oleh pemateri yang handal di bidangnya, diantaranya adalah Bapak Moch. Arif Bijaksana, Dosen STT Telkom, Bapak Bambang Bodhianto dari Astra International, dan Bapak Wahyudian, dari ATG. Sedangkan dalam Lomba Statistika kali ini menghadirkan juri yang berkompeten, diantaranya Bapak Deddy dari Ikatan Statistikawan Indonesia, Ibu Utami D.S dan Ibu Erfiani, keduanya adalah dosen di Departemen Statistika IPB. Acara yang sangat meriah ini dihadiri oleh Bapak Ahmad Ansori Maatjik, Bapak Asep Saepuddin, Bapak Hari Wijayanto selaku Kepala Departemen Statistika IPB serta tidak ketinggalan pula hadir Ibu Andi Hakim Nasution dengan anak dan menantunya.

Dalam Statistika Ria 2007 kali ini, IPB berhasil mempertahankan kemenangannya seperti tahun lalu. Adapun sebagai juara 1 adalah Ratih Nurmasari dari IPB memperoleh Piala Bergilir Andi Hakim Nasution, Piala Rektor, dan uang tunai sebesar 3 juta rupiah, juara 2 diraih oleh Leisha Wahyu dari IPB mendapat piala dari Ikatan Statistikawan Indonesia dan uang tunai 2 juta rupiah, dan di posisi 3 adalah Misbachul Anam dari UGM mendapatkan Piala Ketua Departemen Statistika IPB dan uang tunai 1 juta rupiah. Acara lain yang tidak kalah menariknya adalah penganugerahan “ Lifetime Achievement Award” kepada Bapak Prof. Dr. Ir. H. Ahmad Ansori Maatjik, M.sc atas dedikasi dan pemikiran beliau terhadap bidang ilmu Statistika. Harapan ke depan acara seperti ini akan terus dilaksanakan dan bahkan diselenggarakan di IPB International Convention Center dan menghadirkan juri internasional agar dapat menjadi acuan Lomba Mahasiswa Tingkat Nasional sesungguhnya.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

i thank u all

Erwin Indra mengatakan...

Oh...yeah..youre welcome

dasar si pria metroseksual